10 Ciri-ciri Ikan Segar dan Berkualitas Baik

Simak ulasan mengenai cara memilih ikan segar

10 Ciri-ciri Ikan Segar dan Berkualitas Baik

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Ciri-ciri memilih ikan segar yang cocok untuk diolah tidak hanya terlihat dari warna cerah dan kejernihan mata ikan. Dalam menentukan cara memilih ikan segar yang layak untuk dimasak, penting untuk memahami bahwa kebersihan dan kualitasnya turut berperan.

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui lebih dalam mengenai cara memilih ikan segar yang berkualitas dan baik untuk dikonsumsi yuk Sobat Yummy!

1. Berwarna Cerah

ilustrasi ikan (freepik.com/freepik)
ilustrasi ikan (freepik.com/freepik)

Dalam menentukan cara memilih ikan segar, sangatlah penting untuk memastikan bahwa ikan yang akan dipilih memiliki warna kulit yang cerah, segar, dan tidak kusam. Sebab, warna kulit yang terang tersebut menjadi indikator kualitas tinggi pada ikan. 

Sebaliknya, ikan yang kurang segar cenderung menunjukkan tanda-tanda warna kulit yang kusam dan kehilangan kilauan, yang bisa dihindari dengan teliti menjalankan cara memilih ikan segar dengan seksama.

2. Tidak Berbau Amis

Secara ideal, ikan segar seharusnya tidak berbau amis atau aneh. Bau laut yang berasal dari ikan segar seharusnya tidak mengganggu indra penciuman. Jika ikan berbau amis, itu menandakan ikan tersebut tidak layak dikonsumsi. 

Untuk memastikan kualitas ikan, disarankan untuk bertanya kepada penjual atau pegawai swalayan. Selain itu, jika ikan tidak akan segera diolah, disarankan untuk menyimpannya dalam freezer.

Baca Juga: Perbedaan Ikan Dori dan Ikan Patin

3. Ikan Segar Tenggelam di Air

ilustrasi ikan (freepik.com/freepik)
ilustrasi ikan (freepik.com/freepik)

Untuk mengetahui apakah ikan segar atau tidak, dapat dilakukan dengan cara meletakkan ikan yang sudah mati ke dalam sebuah wadah. Jika ikan tersebut tenggelam maka ikan tersebut termasuk ikan segar. Sebaliknya, jika ikan tersebut mengapung di permukaan air, bisa jadi pertanda bahwa ikan cenderung busuk

4. Matanya Jernih

Mata ikan yang fresh akan terlihat cerah, jernih, dan menonjol. Di sisi lain, mata ikan yang keriput, keruh, cekung, dan merah tidak layak konsumsi. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua jenis ikan mengikuti aturan ini. Misalnya, lele cenderung memiliki mata yang kusam. 

Jadi, perhatikan dengan seksama Sobat Yummy bahwa tidak semua ikan memiliki kriteria yang sama, tergantung dengan jenis ikannya ya!

Baca Juga: Ikan Salem: Pengertian dan Resep Ikan Salem

5. Warna Insang

ilustrasi ikan (freepik.com/pikisuperstar)
ilustrasi ikan (freepik.com/pikisuperstar)

Salah satu cara memilih ikan segar yaitu dengan melihat warna insangnya, jika ikan segar insangnya berwarna merah dan teksturnya basah. Semakin merah warna insangnya, semakin baik kualitas ikan tersebut. 

Namun, jika warna insangnya cenderung merah tua, kecokelatan, atau keabuan dengan bagian insang yang tampak terpisah satu sama lain, itu menandakan ikan sudah tidak segar lagi.

6. Mulutnya Tertutup

Cara memilih ikan segar salah satunya bisa dilihat dari mulutnya apakah tertutup atau tidak, ikan yang mulutnya terbuka itu tidak begitu segar untuk dikonsumsi. 

Tapi kembali lagi dengan posisi ikan tersebut, jika ikan itu dijual dengan keadaan digantung pada tali maka wajar jika mulutnya terbuka karena tersangkut tali. Namun, hal tersebut tidak bisa dijadikan patokan. Oleh karena itu, perlu diperhatikan ciri-ciri lainnya, Sobat Yummy!

Baca Juga: 6 Resep Bakso Ikan Kenyal dan Lezat, Beserta Tips Membuatnya!

7. Masih Ada Sisik

ilustrasi ikan (pexels.com/kseniachernaya)
ilustrasi ikan (pexels.com/kseniachernaya)

Salah satu ciri cara memilih ikan segar adalah ikan segar tersebut memiliki sisik yang menempel kuat pada tubuhnya. Jika sisik sulit dilepas, ikan tersebut masih segar. Sebaliknya, pada ikan yang tidak segar, sisik-sisiknya mudah terlepas dari tubuh dan warnanya tidak mengkilap lagi. 

8. Daging Segar

Cara memilih ikan segar yaitu dengan mengetahui apakah ikan segar atau tidak, periksa dagingnya yang harus jernih berwarna putih terang atau merah muda dan teksturnya yang lembut dan elastis. 

Cara memilih ikan segar dan mengeceknya adalah dengan menekan bagian perut ikan dengan jari telunjuk, jika ikan tersebut dapat kembali dengan sempurna, maka ikan tersebut masih segar.

Baca Juga: 6 Merk Kecap Ikan Terbaik 2023 dan Nutrisinya

9. Memiliki Lendir Bening

ilustrasi ikan (pexels.com/ellehughes)
ilustrasi ikan (pexels.com/ellehughes)

Cara memilih ikan segar berikutnya dapat memperhatikan betapa penting untuk diketahui bahwa lendir ikan dapat menjadi penanda segar atau tidaknya ikan. Jika ikan masih memiliki lendir bening, maka ikan tersebut masih layak untuk dikonsumsi. 

Namun, jika terdapat lendir yang kusam dan kecoklatan di bagian insang, sebaiknya tidak memilih ikan tersebut karena ikan tersebut sudah tidak lagi segar. 

10. Ekor Kaku

Selanjutnya dalam proses cara memilih ikan segar bisa dilihat dari ekor ikannya, Bagaimana cara memeriksa kesehatan ikan melalui ekornya? Untuk memeriksa kesehatan ikan melalui ekornya, dapat dilakukan dengan memegang bagian ekornya. Ikan yang sehat biasanya ekornya akan terasa kaku dan padat jika dipegang. 

Selain itu, warna dari ekor juga akan cenderung menyerupai warna daging tubuhnya. Tidak kusam dan terlihat cerah. Namun, ikan yang busuk akan memiliki warna cokelat dan keabu-abuan. Tak jarang, ikan yang tidak segar ekornya tampak tidak bagus.

Baca Juga: 11 Cara Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket dan Tetap Garing!

Untuk menikmati hidangan laut yang segar, pastikan untuk memilih ikan yang berasal dari sumber terpercaya. Setelah itu, kamu dapat mencoba berbagai resep lezat dengan mengunduh Yummy App. Dengan Yummy App, kamu dapat menemukan beragam resep dan tips memasak, sehingga kamu dapat membuat hidangan enak dengan mudah. Selamat mencoba!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

andrenia giawati

andrenia giawati

Ikan Nila Goreng Sambal Terong

Ikan Nila Goreng Sambal Terong

(5.0)

60 mnt

61

Artikel Lainnya di tips