3 Cara Membersihkan Panci Gosong, Kembalikan Kinclongnya dengan Mudah

Bahan-bahannya pun gak susah dicari

3 Cara Membersihkan Panci Gosong, Kembalikan Kinclongnya dengan Mudah

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Panci gosong sering kali menjadi momok bagi banyak orang yang gemar memasak. Terkadang, kesibukan di dapur membuat kita lupa memeriksa masakan yang sedang dimasak, dan akhirnya panci pun menjadi gosong dan sulit dibersihkan.

Namun, jangan khawatir. Dalam artikel ini, akan dibahas tips ampuh cara membersihkan panci gosong dan mengembalikan kilau pancimu seperti baru. Langsung catat, yuk!

1. Rendam dengan air panas dan sabun

ilustrasi memasak menggunakan panci
ilustrasi memasak menggunakan panci (unsplash.com)

Rekomendasi cara memberisihkan panci gosong pertama adalah dengan merendam panci tersebut menggunakan air panas dan campuran sabun pencuci piring. Tujuan dari langkah ini adalah untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelepasan lapisan gosong yang membandel.

  1. Isi panci tersebut dengan air panas, tapi tidak perlu sampai penuh, ya!
  2. Setelah itu, tambahkan beberapa tetes sabun pencuci piring ke dalam air. Sabun memiliki sifat pelarut yang efektif, yang akan membantu menguraikan lemak, minyak, dan sisa-sisa bahan makanan yang mungkin tertinggal pada permukaan panci.
  3. Selanjutnya, biarkan panci tetap terendam sabun ini selama beberapa jam, atau semalam jika memungkinkan. Ini memberikan kesempatan bagi air panas dan sabun untuk meresapi lapisan gosong yang membandel, sehingga membantu melonggarkannya dari permukaan panci.

Rendaman air panas dan sabun memiliki manfaat ganda. Pertama, suhu air panas akan membantu melunakkan lapisan gosong yang mengeras, sehingga membuatnya lebih mudah untuk diangkat. Kedua, campuran sabun akan membantu mengurangi ketebalan minyak dan lemak yang dapat menyebabkan lapisan gosong menempel dengan erat pada panci.

Baca Juga: ​Cara Ampuh Membersihkan Wajan Gosong, Tampak Seperti Baru!

2. Scrubbing dengan baking soda dan garam

Cara mengatasi tangan panas akibat cabai dengan garam
ilustrasi garam laut (pixabay.com/mkupiec7)

Setelah kamu selesai merendam panci dengan air panas dan sabun, langkah berikutnya dalam proses cara membersihkan panci gosong adalah dengan menggunakan bahan alami seperti baking soda atau garam.

Baking soda dan garam memiliki sifat abrasif yang ringan, yang berguna dalam mengangkat lapisan gosong tanpa merusak permukaan panci. Caranya, yaitu:

  1. Siapkan baking soda atau garam dan sedikit air.
  2. Campurkan baking soda atau garam dengan sedikit air hingga membentuk pasta kental.
  3. Kemudian, oleskan pasta pembersih yang telah kamu buat pada permukaan panci yang terkena gosong. Pastikan seluruh area yang terdampak terlapisi dengan pasta secara merata.
  4. Lalu, gosok dengan spons.
  5. Setelah selesai, bilas dengan air bersih.

Teknik menggosok yang lembut sangat penting dalam langkah ini. Hindari menggunakan sikat yang berserat kasar, karena hal ini bisa merusak lapisan panci dan mengakibatkan kerusakan permanen. 

3. Menggunakan krim tartar

ilustrasi cuka dan baking soda
ilustrasi cuka dan baking soda (freepik.com/Freepik)

Krim tartar atau yang juga dikenal sebagai cream of tartar, sebenarnya dapat menjadi cara membersihkan panci yang gosong dengan efektif.

Krim tartar adalah hasil samping dari produksi anggur yang umumnya digunakan dalam memperkuat kinerja telur saat mengocok. Tetapi juga memiliki sifat pembersih yang bisa membantu dalam mengatasi masalah panci gosong.

  1. Siapkan krim tartar, air, sikat atau spons, dan panci yang gosong.
  2. Campurkan krim tartar dengan sedikit air untuk membuat pasta yang kental. Tujuan pasta ini adalah untuk membantu melonggarkan dan mengangkat lapisan gosong.
  3. Oleskan pasta pembersih yang telah dibuat pada area yang terkena noda gosong pada permukaan panci. Pastikan lapisan pasta merata dan mencakup seluruh area yang perlu dibersihkan.
  4. Gosok dengan lembut dengan sikat berbulu lembut atau spons. Hindari menggunakan sikat berkasar atau bahan abrasif yang dapat merusak lapisan panci. Gosok perlahan dan dengan tekanan yang cukup agar pasta pembersih dapat bekerja mengangkat noda gosong.
  5. Setelah proses menggosok selesai, bilas panci dengan air bersih.
  6. Kemudian, keringkan panci dengan handuk bersih atau biarkan mengering secara alami.

Dengan mengikuti langkah-langkah cara membersihkan panci gosong tersebut, kamu dapat mengatasi masalah panci gosong dengan efektif dan mengembalikan kilau panci seperti baru.

Tetap berhati-hati saat menggunakan bahan kimia dan alat pembersih yang lebih kuat. Serta lakukan perawatan yang baik agar panci tetap dalam kondisi bersih dan siap digunakan untuk memasak makanan yang lezat.

Baca Juga: Cara Membersihkan Kulit Sapi dengan Mudah Sebelum Dimasak

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

aini

aini

Tuna Tempe Kuah

Tuna Tempe Kuah

(5.0)

6 langkah

126

Artikel Lainnya di tips