Cara ​Membersihkan Udang dengan Tepat dan Mudah

​Terhindar dari amis dan bau

Cara ​Membersihkan Udang dengan Tepat dan Mudah

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Udang merupakan salah satu hasil laut yang kaya nutrisi dan punya manfaat baik untuk tubuh. Udang mengandung protein, kalsium, yodium, hingga asam lemak Omega-3 dan Omega-6.

Agar dapat menikmati manfaat baiknya, udang kerap kali diolah menjadi ragam masakan lezat. Proses pengolahannya pun beragam, seperti digoreng, dibakar, atau dikukus.

Namun seperti hewan laut lainnya, udang memiliki bau amis yang bisa mengganggu selera makan. Ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut agar udang tetap segar dan terhindar dari bau amis. Berikut ini adalah beberapa langkah cara membersihkan udang dengan tepat dan mudah.

1. Periksa kondisi kesegaran udang

description
Pexels.com

Langkah pertama sebelum memasuki tahapan cara membersihkan udang dengan tepat dan mudah adalah memeriksa kondisi kesegaran udang. Mengolah udang yang tidak segar akan berdampak pada cita rasa masakan dan buruk bagi kesehatan. 

Mengenali ciri udang yang sudah tidak segar cukup mudah, yakni bau amisnya terlalu menyengat, berlendir, dan tekstur yang lebih rapuh.

Sementara untuk udang segar, dapat dikenali dari teksturnya yang padat dengan daging berwarna putih cenderung transparan, terlihat mengkilap, dan aroma tidak menyengat.

2. Bilas menggunakan air mengalir

description
Pexels.com

Setelah memastikan kesegaran udang, kita mulai masuk dalam tahap cara membersihakn udang dengan tepat dan mudah, yaitu masukkan udang pada wadah atau keranjang berlubang agar air bilasan tidak tertampung di wadah. Bilas udang menggunakan air bersih yang mengalir dari kran.

Perhatikan kebersihan udang satu per satu, pastikan udang bersih dari lendir atau kotoran yang menempel.

3. Jangan bersihkan dengan air panas

description
Pexels.com

Pada saat membersihkan udang, cukup dengan air dingin atau air suhu ruang saja, sebab udang sangat mudah matang. Jika udang direndam ke dalam air panas, saat diolah teksturnya akan alot dan akan berpengaruh pada cita rasa makanan.

4. Membuang bagian kepala dan kaki

description
Pexels.com

Langkah berikutnya dalam cara membersihkan udang dengan tepat dan mudah kali ini berlanjut dengan membuang kepala dan kaki udang. 

Kepala dan kaki udang umumnya bisa dikonsumsi karena teksturnya yang garing dan renyah setelah diolah. Namun tidak masalah jika kamu tidak ingin memasukkan kepala dan kaki udang ke dalam masakanmu. Kamu bisa melakukan metode ini untuk melepaskan kepala dan kaki udang.

Caranya, jepit kepala udang dengan jari telunjuk dan jari jempol, lalu pegang tubuh udang dengan tangan satunya. Putar dan tarik kepala udang hingga terlepas.

Untuk melepas kaki udang, balik udang pada bagian perutnya. Cubit kaki-kaki udang dan tarik hingga terlepas. Setelah itu langsung buang kepala dan kaki udang agar tidak menimbulkan bau tidak sedap.

Baca Juga: Cara Menyimpan Jamur Kancing Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

5. Opsional, tapi kamu bisa melepaskan kulitnya juga

description
Pexels.com

Sebagian orang juga enggan mengonsumsi kulit udang karena keras dan akan sangat sulit dikunyah. Jika kamu ingin membuangnya, lakukan dengan hati-hati jika tidak ingin bentuk dagingnya berubah atau terbelah.

Mulai mengupas pada bagian kaki yang tadi sudah dibuang, lakukan secara perlahan agar tidak merusak bentuk dagingnya. Atau bisa juga dimulai dengan menarik kulit di area yang dekat dengan kepala.

Selain itu, kulit udang juga bisa dibuang dengan mengiris kulit di sepanjang punggungnya menggunakan pisau, tepat di atas saluran vena bewarna hitam yang berbentuk tali. Setelah diiris, kulit udang bisa langsung dikupas dengan mudah. Ini adalah cara yang cukup lazim digunakan.

6. Buang bagian ekor dan bersihkan bagian punggung udang

description
Pexels.com

Bagian ekor udang juga merupakan salah satu bagian yang cukup keras dan sulit untuk dikunyah saat dikonsumsi. Jika kamu memilih untuk membuangnya, kamu bisa langsung menariknya dengan tangan hingga terlepas. Setelah membuang bagian ekor, angkat pula saluran vena dan usus yang bewarna hitam di punggung udang.menggunakan pisau atau tangan, lakukan dengan hati-hati hingga bersih.

7. Lumuri dengan garam dan perasan jeruk nipis

description
Pexels.com

Langkah berikutnya dalam cara membersihkan udang dengan tepat dan mudah kali ini adalah dengan menggunakan garam dan perasan jeruk nipis, lalu lumuri pada udang.

Udang memiliki aroma amis khas makanan olahan laut lainnya. Meski normal, namun tetap saja hal ini dapat mengganggu selera makan. Karena hal tersebut, cara ini penting 

8. Bilas kembali udang dan simpan di dalam freezer

description
unplash.com/liudmila chernetska

Langkah terakhir dalam cara membersihkan udang kali ini tentunya adalah dengan menyimpan udang dengan baik dan benar. Untuk memastikan tidak ada lagi kotoran atau serpihan kulit yang masih menempel, bilas kembali udang menggunakan air bersih mengalir.

Setelah dibilas, pindahkan udang pada wadah tertutup dan simpan di lemari pembeku agar udang kesegaran udang bertahan lebih lama.

Itulah cara membersihkan udang dengan tepat dan mudah agar tidak amis. Langkah-langkah dalam cara tersebut bisa kamu lakukan untuk menjaga kesegaran dan kebersihan udang yang akan dikonsumsi. Tak hanya itu, cara membersihkan udang tersebut juga dilakukan agar tidak merusak cita rasa dan kandungan nutrisi udang. Selamat mencoba ya! 

Penulis: Ikhsanny Novira Ishlah

Baca Juga: Cara Membersihkan Cumi Asin dan 4 Cara Mengolahnya Jadi Makanan Lezat!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Laila Dawud

Laila Dawud

Tumis Pokcoy Udang

Tumis Pokcoy Udang

(5.0)

5 langkah

312

Artikel Lainnya di tips