Ini Cara Mencuci Piring yang Benar dan Tepat

Perhatikan hal berikut sebelum mencuci piring, ya!

Ini Cara Mencuci Piring yang Benar dan Tepat

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Mencuci piring adalah salah satu tugas rutin dalam menjaga kebersihan dapur dan kesehatan keluarga. Namun, sering kali kita mengabaikan langkah-langkah penting dalam proses mencuci piring yang benar.

Melakukan tips pada artikel ini dengan cara yang tepat bukan hanya sekadar membersihkan piring dari sisa makanan. Tetapi juga melibatkan penggunaan teknik dan bahan yang sesuai untuk menjaga kebersihan dan mencegah penyebaran kuman.

Manfaat mencuci piring

Air mengalir untuk mencuci piring di wastafel
ilustrasi mencuci piring (pixabay.com/Rewrite27)

1. Kebersihan dan kesehatan

  • Mencegah penyebaran penyakit
    Mencuci piring dengan benar dapat mencegah penyebaran bakteri, virus, dan kuman yang mungkin ada pada sisa-sisa makanan atau minuman. Ini dapat membantu mencegah penyakit dan infeksi yang dapat disebabkan oleh kontaminasi makanan.

  • Menghilangkan sisa-sisa berbahaya
    Mencuci piring secara menyeluruh membantu menghilangkan residu pestisida, bahan kimia, dan kotoran yang mungkin melekat pada peralatan makan dan minum. Ini penting untuk mencegah paparan berbahaya terhadap zat-zat tersebut.

2. Memelihara pelatan dapur

Mencuci piring dengan benar dapat memperpanjang umur peralatan dapurmu. Seperti minyak, lemak, dan sisa-sisa makanan yang tertinggal pada peralatan dapat merusak permukaan dan kualitasnya seiring waktu.

Baca Juga: Fakta Menarik Udang Rebon yang Tinggi Nutrisi dan Serbaguna

3. Lingkungan yang sehat

Jika kamu melakukan kegiatan cuci piring dengan benar dan tepat, maka sebelum mencuci, pasti sampah sisa-sisa makanan akan dibuang terlebih dahulu ke tempat sampah. Hal ini mencegah tercemarnya air dan lingkungan sekitar dengan makanan atau deterjen yang tidak terurai. 

4. Efisiensi pengonsumsian air dan energi

  • Penggunaan air yang lebih efisien
    Dengan menghapus sisa-sisa makanan sebelum mencuci, kamu mengurangi risiko tersumbatnya saluran pembuangan dan menghemat air yang digunakan dalam proses pencucian.

  • Pengurangan pencucian ulang
    Mencuci piring dengan benar dari awal mengurangi kemungkinan perlu melakukan pencucian ulang, yang dapat menghemat air, energi, dan waktu.

Baca Juga: Tumpeng Gizi Seimbang menurut Kemkes RI, Apa Saja?

Cara mencuci piring yang benar

Nah, setelah membahas tentang manfaat mencuci piring, berikut adalah cara mencuci piring dengan benar dan tepat.

Cucian piring, mangkuk, gelas, cangkir
ilustrasi cucian piring (pixabay.com/congerdesign)

1. Bersihkan dahulu sisa-sisa makanan

Sebelum kamu mulai mencuci piring dengan air sabun, pastikan sudah membersihkan sisa-sisa makanan yang melekat. Sisa-sisa makanan yang tersisa bisa menyumbat saluran pembuangan dan menyebabkan masalah sanitasi.

Gunakan sikat piring atau spons lembut untuk menggosok perlahan dan menghilangkan sisa-sisa makanan yang mudah rontok. Nah, langkah ini akan membantu mempermudah proses pencucian selanjutnya.

2. Pilih tempat air yang mengalir untuk mencuci serta sabun yang akan digunakan

Pastikan kamu mencuci piring di wastafel atau tempat yang memungkinkan untuk air mengalir. Hal ini dilakukan agar kotoran sisa dari piring dan gelas akan terbuang terbawa air yang mengalir. Jika kita mencuci dengan air yang menggenang atau air yang ditampung di satu wadah, kotorannya akan mengendap dan kembali menempel pada alat makan.

Sabun juga disarankan untuk menggunakan yang mampu menghilangkan minyak sehingga tidak licin. Tidak lupa, pilih sabun yang tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya ya, Sobat Yummy!

Baca Juga: Resep Minuman Herbal untuk Radang Tenggorokan

3. Mulai cuci dari yang paling ringan

Mencuci piring yang paling ringan terlebih dahulu, seperti gelas atau cangkir sebetulnya disarankan. Hal ini dikarenakan mencegah kontaminasi silang dari sisa-sisa makanan yang lebih berat. Selain itu, dari segi penataan pada wastafel akan lebih mudah.

Sambil mencuci dengan sabun, kamu juga bisa menata wastafel agar tetap memiliki ruang untuk nanti proses pembilasan. Karenanya, lakukan pencucian dari yang paling ringan ya!

4. Gunakan sikat atau spons yang tepat

Untuk mencuci piring, terdapat beberapa jenis spons, antara lain:

  1. Spons selulosa
    Berdaya serap tinggi, tidak menyebabkan goresan pada perabotan berbahan stainless steel. Untuk menghasilkan banyak busa, cukup kompres spons terlebih dahulu dan rendam dalam air.

  2. Spons kawat
    Spons jenis ini merupakan alternatif untuk membersihkan kerak yang membandel, bagian bawah panci, bahkan wajan yang gosong. Hal ini karena terbuat dari filamen baja dan logam yang lentur.

  3. Sabut spons
    Teksturnya sangat kasar sehingga baik untuk menghilangkan noda yang lengket pada panci dan wajan alumunium. Biasanya berwarna hijau tua dan dalam bentuk lembaran. 

Dari 3 jenis spons mencuci piring di atas, kamu bisa menentukan salah satu yang sesuai dengan kebutuhanmu. Apakah untuk piring dan gelas berbahan stainless steel atau memang bertujuan untuk menghilangkan noda dan kerak membandel.

5. Bilaslah piring dengan air bersih dan mengalir sampai hilang sisa sabun

Setelah proses pencucian selesai, bilaslah piring secara menyeluruh dengan air bersih untuk menghilangkan sisa sabun. Pastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal, karena hal ini dapat mempengaruhi rasa makanan dan minuman kamu. Setelah dibilas, keringkan piring dengan menggunakan lap bersih atau biarkan piring mengering secara alami di rak piring.

6. Jaga kebersihan alat cuci piring

Setelah selesai digunakan, bersihkan dan keringkan sikat atau spons dengan teliti. Hindari membiarkannya lembap atau berada dalam keadaan tertutup yang bisa menjadi tempat berkembangbiak bagi bakteri. Secara rutin, kamu harus mengganti spons atau sikat yang sudah usang untuk menjaga kebersihan dan efektivitas pencucian.

Secara keseluruhan, cara mencuci piring dengan baik bukanlah hanya tentang membersihkan peralatan makan dan minum semata. Tetapi juga tentang menjaga kebersihan, kesehatan, dan lingkungan secara keseluruhan.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang benar, seperti sebelum mencuci untuk menghilangkan sisa-sisa makanan, menggunakan air dan sabun dengan bijak, dan menjaga kebersihan sikat atau spons, kamu tidak hanya menjaga dapur yang bersih dan bebas dari kuman, tetapi juga menghargai nilai-nilai keberlanjutan dan penggunaan sumber daya dengan bijak.

Mencuci piring dengan benar adalah upaya kecil yang dapat memberikan dampak besar dalam menciptakan lingkungan yang sehat, nyaman, dan berkelanjutan bagi semua anggota keluarga dan generasi mendatang. Jadi, mari kita terus menerapkan kebiasaan mencuci piring yang baik dalam kehidupan sehari-hari kita.

Baca Juga: 3 Cara Membersihkan Panci Gosong, Kembalikan Kinclongnya dengan Mudah

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Dapuran Ocha

Dapuran Ocha

Bolu Pisang Kukus

Bolu Pisang Kukus

(5.0)

45 mnt

252

Artikel Lainnya di tips