15 Menu Makanan Khas Lebaran yang Sering Dimakan dan Wajib Ada

Makanan yang selalu ditunggu dan bikin kangen!

15 Menu Makanan Khas Lebaran yang Sering Dimakan dan Wajib Ada

penulis:

Ikhsanny Novira Ishlah

Bagikan:

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 1 Syawal di tahun Hijriyah merupakan momen puncak dari perjalanan ibadah puasa umat Islam selama bulan Ramadan. Momen perayaan yang disimbolkan sebagai hari kemenangan ini merupakan hari bahagia yang sudah lama dinantikan.

Momentum lebaran juga menjadi ajang berkumpul dan silaturahmi bersama keluarga dan kerabat, baik yang dekat maupun yang jauh. Pada momen kebersamaan ini, sudah selayaknya kita menghidangkan menu makanan khas lebaran yang spesial dan istimewa.

Nah, untuk memeriahkan Idul Fitri, 15 makanan khas lebaran ini wajib ada dan sering dimakan masyarakat Indonesia. Makanan ini pastinya bikin kangen keluarga besar dan suasana hangat saat berkumpul, ya. Apa saja makanannya? Simak rangkuman berikut dari Yummy App!

1. Ketupat

ilustrasi ketupat
ilustrasi ketupat (app.yummy.co.id/mrs-dsperdana)

Ketupat merupakan menu makanan yang sangat identik dengan perayaan lebaran di Indonesia. Hampir di setiap rumah di seluruh wilayah Indonesia, biasanya punya hidangan wajib yang satu ini yang disantap dengan menu pendamping lain seperti opor, gulai, atau kare.

Ketupat terbuat dari beras yang dimasak di dalam wadah segi empat yang terbuat dari anyaman daun kelapa. Cara membuatnya, adalah dengan mengisi sarang ketupat dengan beras hingga setengahnya saja, kemudian rebus bersama air mendidih dan sedikit garam. Setelah matang, angkat dan sajikan bersama opor atau gulai. Yummy!

2. Rendang

ilustrasi rendang daging
ilustrasi rendang daging (app.yummy.co.id/nur-sabatiana)

Rendang merupakan masakan khas Minangkabau yang sudah dikenal se-Nusantara dan menjadi makanan wajib bagi banyak keluarga di Indonesia saat lebaran.

Membuat rendang sebetulnya terbilang rumit karena memerlukan banyak bumbu rempah dan melalui proses memasak yang lama. Meski begitu, proses panjang tersebut terbayarkan dengan rasanya yang lezat dan istimewa. Jadi wajar saja bila masakan spesial ini sering dijumpai di banyak momen spesial keluarga Indonesia seperti lebaran hingga acara pernikahan.

3. Opor ayam

ilustrasi opor ayam
ilustrasi opor ayam (app.yummy.co.id/arx-kitchen)

Menu masakan yang satu merupakan temannya ketupat yang biasanya dimakan berbarengan. Opor ayam biasanya tidak akan terlewat untuk jadi sajian lebaran pada banyak keluarga di Indonesia. Rasanya yang gurih dan istimewa karena terbuat dari santan kental dan bumbu rempah pilihan, membuat suasana lebaran jadi makin menyenangkan.

4. Semur daging atau ayam

ilustrasi semur daging
ilustrasi semur daging (app.yummy.co.id/visavano-_fnb)

Selain ketupat, rendang, dan opor ayam yang terkenal, makanan lebaran selanjutnya yang biasanya hadir di meja makan adalah semur daging atau semur ayam. Biasanya, masyarakat Jakarta atau khususnya Betawi, akan menyuguhkan menu ini saat momen lebaran tiba. Selain lebaran Idul Fitri, semur daging juga banyak dimasak pada lebaran Idul Adha yang bertepatan dengan hari raya kurban.

Rasanya yang pedas-manis, serta berkuah gurih, tentunya menjadi favorit banyak orang. Semur yang sering dihidangkan pada saat lebaran adalah semur daging. Namun kamu juga bisa menjumpai beberapa semur lainnya seperti semur ayam atau semur jengkol yang dihidangkan pada hari-hari biasa. Semur akan terasa mantap jika disantap dengan nasi putih hangat. Bikin gak sabar untuk segera lebaran, ya!

5. Sambal goreng ati

ilustrasi sambal goreng ati
ilustrasi sambal goreng ati (app.yummy.co.id/mrs-dsperdana)

Sambal goreng ati yang biasanya dipadukan juga dengan kentang, merupakan hidangan pendamping yang juga dirindukan saat lebaran tiba. Meski menu makanan ini biasanya juga dihidangkan sebagai menu sehari-hari, namun menyantapnya di momen spesial menjadikannya juga terasa lebih spesial.

Menu ini merupakan ati ampela yang dipadukan dengan kentang. Kedua bahan ini dipotong dadu dan diolah dengan sambal goreng. Sambal goreng ati memiliki cita rasa pedas-manis yang gurih yang tentunya kamu suka.

6. Gulai nangka

ilustrasi gulai nangka muda
ilustrasi gulai nangka muda (app.yummy.co.id/heny-rosita)

Gulai nangka biasanya sering ditemukan sebagai makanan khas lebaran masyarakat Medan dan sekitarnya. Gulai nangka merupakan gulai dengan isian daging ayam atau daging sapi, nangka muda, dan sayur kacang panjang yang diolah dengan santan kental dan bumbu rempah. Menu sederhana yang lezat ini tentunya bisa membangkitkan kembali selera makan kamu, Sobat Yummy!

Baca Juga: ​20 Kumpulan Resep Kue Lebaran Kekinian Tahun 2023 

7. Soto ayam

ilustrasi soto
ilustrasi soto (soto kudus) (app.yummy.co.id/pipit-wawa_

Indonesia terkenal dengan makanan yang satu ini dan jadi favorit masyarakat. Tidak heran jika soto juga biasanya hadir sebagai salah satu hidangan khas lebaran. Soto adalah makanan berkuah gurih yang dimasak dengan bumbu rempah pilihan, yang umumnya diberi isian seperti nasi putih atau bihun, daging ayam atau sapi, ditambah dengan beberapa jenis sayuran.

Ada banyak sekali jenis dan varian soto di Indonesia yang setiap daerah biasanya memiliki soto khas masing-masing. Salah satu yang paling terkenal adalah soto ayam dan soto daging yang seringkali hadir menemani momen spesial seperti lebaran.

8. Lepet

ilustrasi lepet
ilustrasi lepet (app.yummy.co.id/dapur-jhesica)

Lepet merupakan makanan khas Batak khususnya masyarakat Balige di Sumatera Utara. Makanan ini juga sering hadir dalam momen perayaan seperti lebaran. Lapet terbuat dari tepung beras, gula merah, dan parutan kelapa yang dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus. Rasanya yang manis dan nikmat pasti bikin kamu kangen suasana lebaran yang meriah bersama keluarga.

9. Lemang

lemang makanan khas lebaran
ilustrasi lemang (yummy.co.id/Nungki Wardani)

Lemang adalah makanan tradisional yang berasal dari daerah-daerah di Sumatera seperti Melayu dan Minangkabau. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan, garam, dan biasanya diberi isian lain berupa pisang atau tape ketan.

Bahan-bahan tersebut dimasukkan ke dalam ruas-ruas bambu yang dilapisi daun pisang, kemudian dibakar menggunakan kayu bakar selama 4 hingga 5 jam. Proses memasaknya yang unik menjadikan sajian ini sangat istimewa dan tidak pernah absen sebagai menu makanan lebaran terutuma bagi masyarakat Minangkabau dan sekitarnya.   

10. Kue nastar

ilustrasi kue nastar
ilustrasi kue nastar (app.yummy.co.id/andrenia-giawati)

Ini dia kue bercita rasa manis yang wajib ada saat lebaran dan punya banyak penggemar di Indonesia. Seringkali kue ini hanya hadir pada momen spesial saja seperti lebaran, natal, atau tahun baru Imlek, sehingga kehadirannya selalu ditunggu dan dirindukan. 

Banyak sumber mengatakan bahwa kue nastar merupakan makanan yang berasal dari Belanda. Namanya merupakan gabungan kata berasal dari kata “nanas” dalam bahasa Indonesia dan “taart” dalam bahasa Belanda yang berarti kue. Dua kata ini kemudian digabung menjadi kata nastar yang merujuk pada kue isi selai nanas ini.

11. Kastengel

ilustrasi kestengel
ilustrasi kestengel (app.yummy.co.id/mdf)

Kastengel merupakan kue kering selanjutnya yang sering dimakan pada saat lebaran. Kue kering ini bercita rasanya renyah, gurih, dan manis yang seringkali menghiasi toples-toples kue di rumah selama lebaran.

Sama seperti nastar, kue ini juga memiliki pengaruh Belanda dengan nama asli kaasstengels yang dalam bahasa Belanda berarti keju (kaas) dan batangan (stengels). Kue ini memang berbahan dasar keju dengan tepung terigu protein sedang, kemudian dibentuk seperti batangan dan diberi parutan keju di atasnya. Setelah itu dipanggang di dalam oven hingga matang. Rasanya yang nikmat jadi bikin tidak sabar untuk segera lebaran, ya!

12. Kue putri salju

ilustrasi kue putri salju
ilustrasi kue putri salju (app.yummy.co.id/vhita-hani)

Menu makanan lebaran selanjutnya yang menjadi favorit banyak orang adalah kue putri salju. Kue ini merupakan kue kering yang berbahan dasar mentega, tepung terigu, dan kuning telur yang dipanggang di dalam oven, kemudian disajikan dengan taburan gula halus melimpah yang membuatnya menyerupai salju.

Tidak perlu meragukan rasa dari kue yang satu ini. Kelezatannya menjadikan kue ini selalu menjadi bagian dari momen dan perayaan spesial masyarakat Indonesia seperti lebaran.

13. Kue semprit

ilustrasi kue semprit
ilustrasi kue semprit (app.yummy.co.id/heny-rosita)

Satu lagi kue khas lebaran yang wajib ada dan sering dimakan, yaitu kue semprit. Kue kering tradisional ini masih eksis memeriahkan suasana lebaran hingga saat ini. Cara membuatnya cukup mudah, tidak heran kue ini banyak disuguhkan saat lebaran.

Kue semprit memiliki bahan dasar tepung terigu, mentega, gula halus, dan telur. Semua bahan diuleni hingga kalis untuk menghasilkan adonan yang lembut, kemudian dipanggang di dalam oven. Kue semprit biasanya diberi toping berupa kismis, kurma, atau chocochips sesuai selera.

14. Kacang goreng bawang

ilustrasi kacang bawang
ilustrasi kacang bawang (app.yummy.co.id/kartikawina90)

Kacang goreng bawang merupakan kudapan khas lebaran yang tidak boleh ketinggalan. Jika kue-kue sebelumnya bercita rasa manis dengan tekstur lembut, kita juga perlu menghadirkan kue dengan cita rasa gurih dan asin.

Kacang goreng dimasak dengan tambahan bumbu sederhana berupa bawang merah, bawang putih, garam, dan penyedap rasa.

15. Manisan kolang-kaling

ilustrasi manisan kolang-kaling
ilustrasi manisan kolang-kaling (app.yummy.co.id/dapurtehnia)

Manisan kolang-kaling juga bisa menjadi pelengkap dalam perayaan Idul Fitri di rumah bersama keluarga. Selama bulan Ramadan, kamu akan sering berjumpa dengan bahan makanan yang satu ini. Jika masih memiliki sisa kolang-kaling menjelang lebaran, kamu bisa mengolahnya menjadi manisan yang memanjakan lidah.

Kolang-kaling yang sudah dibersihkan dan dihilangkan lendirnya, bisa kamu didihkan dengan air bersama daun pandan dan daun jeruk, kemudian diberi pewarna makanan dan gula pasir dan direbus hingga matang. Lebih enak jika dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu dan disajikan dalam keaadaan dingin. Menu ini bisa jadi dessert atau makanan penutup setelah  menyantap menu utama.

15 makanan yang sering dimakan saat lebaran di atas selalu hadir di tengah kehangatan silaturrahmi keluarga. Mana, nih, yang jadi favoritmu dan selalu kamu nantikan saat lebaran tiba?

Baca Juga: 15 Resep Minuman yang Cocok untuk Lebaran, Segar dan Nikmat!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Anmauda Anugerah

Anmauda Anugerah

Bistik Ayam Lebaran #JagoMasakMinggu11

Bistik Ayam Lebaran #JagoMasakMinggu11

(5.0)

9 langkah

1.3 rb

Yummy Official

Yummy Official

Gluten Free Carrot Dates Cake

Resep Teruji

Gluten Free Carrot Dates Cake

(4.6)

1698,48 Kj

2.0 rb

Artikel Lainnya di kuliner