8 Makanan Pereda Nyeri Haid, Redakan Nyeri Keram Perut Saat Haid

Pilihan makanan sehat yang bahkan ada di kulkasmu!

8 Makanan Pereda Nyeri Haid, Redakan Nyeri Keram Perut Saat Haid

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Wanita yang sedang haid mayoritas pasti sudah pernah merasakan yang namanya nyeri haid. Berdasarkan pernyataan oleh studi terbitan Journal of College sendiri terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon progesteron pada darah.

Kondisi tersebut memang sangat membuat mood naik turun, apalagi terserang nyeri haid disaat waktu yang tidak tepat, seperti saat bekerja. Padahal rasanya ingin gulung-gulung di kasur saja.

Sobat Yummy tidak perlu khawatir, sebenarnya ada beberapa makanan pereda nyeri haid yang ampuh, lho! Bahkan mungkin list makanan ini ada di lemari esmu sekarang. Mau tahu apa saja? Let’s get to the list!

1. Cokelat Hitam

makanan pereda nyeri haid
ilustrasi cokelat hitam (unsplash.com/scarlett alt)

Kudapan kesukaan sejuta umat, cokelat, ternyata merupakan salah satu makanan pereda nyeri haid. Tapi, tidak semua jenis cokelat memiliki manfaat yang ampuh dalam hal tersebut. Sobat Yummy harus memiliki dark chocolate dengan kandungan kakao yang setidaknya hingga 70%.

Dikutip dari Halodoc, hal tersebut karena, dark chocolate atau cokelat hitam di dalamnya terdapat magnesium, omega 3, omega 6, dan asam lemak lainnya dengan kadar yang masih tinggi.

Kandungan tersebut dapat membantu meredakan nyeri haid yang sedang kamu alami, bahkan meningkatkan rasa rileks sehingga memperbaiki suasana hati. Selain itu, karena cokelat hitam tidak mengandung banyak gula, jadi kadar gula darah pun tidak terganggu.

2. Telur

makanan pereda nyeri haid
ilustrasi telur (unsplash.com/mustafa bashari)

Makanan pereda nyeri haid yang ampuh selanjutnya yakni makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 di dalamnya, salah satunya telur.

Salah satu studi Journal of Nutrition Collegemenyebutkan, omega 3 memiliki peran mampu menstimulasi produksi senyawa anti-inflamasi dalam tubuh, sehingga dapat menghambat transmisi nyeri.

Selain itu, omega 3 juga mampu mengurangi produksi prostaglandin (senyawa penyebab nyeri haid). Hal tersebut membuat kontraksi otot yang terjadi akan bekurang.

Sedangkan telur sendiri memiliki persentase omega 3 pada bagian putihnya sebanyak 1,3%, sementara pada bagian kuningnya mengandung 6 persen omega 3. Maka konsumsi telur dapat membantumu mengatasi nyeri haid.

3. Seafood

makanan penreda nyeri haid
ilustrasi ikan salmon (unsplash.com/ca creative)

Beberapa seafood dikenal tinggi akan asam lemak omega 3, seperti halnya, tuna, salmon, mackerel, teri, udang, ikan kembung, dan ikan hering.

Akan tetapi jika Sobat Yummy ingin menikmati manfaat dari daftar seafood tersebut untuk menyembuhkan nyeri haid, sebaiknya pengolahannya bisa dikukus atau direbus.

Fakta menyebutkan bahwa, pengolahan seafood dengan cara menggoreng dapat akan menurunkan kadar omega 3 hingga 50% dari seafood segar. Hal ini karena terjadinya proses oksidasi selama penggorengan.

Atau jika Sobat Yummy tidak ingin ribet, kamu bisa langsung mengonsumsinya mentah seperti sashimi. Tapi perlu perhatikan kualitas daging seafood yang akan dikonsumsi mentah harus sashimi grade.

Baca Juga: ​Membersihkan Udang dengan 8 Langkah Tepat yang Mudah

4. Tahu

makanan pereda nyeri haid
ilustrasi tahu (unsplash.com/davito andy)

Selain fokus untuk meredakan nyeri haid kamu juga harus fokus untuk memperbaiki kadar zat besi dalam tubuh. Seorang wanita dalam keadaan haid, akan kehilangan banyak darah, sehingga gampang menimbulkan kondisi anemia.

Sehingga Sobat Yummy perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi, seperti tahu, tiram, daging merah, kacang-kacangan, dan bayam.

5. Susu dan Yogurt

makanan pereda nyeri haid
ilustrasi susu (unsplash.com/engin akyurt)

Selain beberapa makanan pereda nyeri haid di atas, ada beberapa minuman yang mampu membuat nyeri haidmu sirna, lho! Misalnya, susu dan yogurt. Keduanya memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

Berdasarkan studi oleh Jurnal Ilmu Gizi Kesehatan, kalsium dapat menurunkan ekstabilitas neuromuskular pada tubuh. Hal ini mengakibatkan kontraksi otot yang menyebabkan haid akan semakin berkurang.

Jika Sobat Yummy ingin menikmati susu sebagai pereda nyeri, lebih baik hangatkan terlebih dahulu. Karena susu yang hangat akan merileksasi otot, sehingga kamu lebih tenang dan dapat meningkatkan mood.

6. Sayuran Berdaun Hijau

makanan pereda nyeri haid
ilustrasi brokoli (unsplash.com/louis hansel)

Makanan pereda nyeri haid selanjutnya, yakni sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, dan kale. Sayuran hijau memiliki sejumlah nutrisi penting yang dapat meringankan nyeri haid.

Kandungannya antara lain, vitamin B6, A, C, dan E, serta magnesium, kalsium, zat besi, dan kalium. Selain itu, sayur hijau pula merupakan sumber serat yang mampu mengelola kadar hormon estrogen dengan baik.

Baca Juga: 10 Minuman yang Dilarang saat Haid, Wajib Tahu

7. Jahe

7. Jahe
illustrasi jahe (unsplash.com/dean david)

Siapa sangka ternyata jahe menjadi salah satu bahan makanan pereda nyeri haid, yang jika dikonsumsi akan meredakan nyeri keram perut saat haid kamu.

Hal ini sesuai dengan pernyataan jurnal oleh Majority, bahwa jahe memiliki senyawa gingerol yang mana memiliki aktivitas farmakologi sebagai anti inflamasi, sehingga nyeri haid akan semakin berkurang. Sobat Yummy bisa mencampurkan jahe pada makanan atau minuman, kemudian nikmati manfaatnya.

8. Alpukat

makanan pereda nyeri haid
ilustrasi alpukat (unsplash.com/louis hansel)

Konsumsi buah-buahan, seperti alpukat juga ampuh meringankan sakt perut akibat nyeri haid. Makanan super ini memiliki kandungan vitamin E yang mampu menstimulasi produksi protaksiklin.

Senyawa tersebut dapat memberikan relaksasi pada otot polos uterus. Selain itu, tingginya kalsium pada alpukat, membuat buah ini mampu mengatasi kontraksi otot yang terjadi seperti nyeri haid.

So, itulah beberapa pilihan makanan pereda nyeri haid yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan rasa sakit keram perut saat haid. Tapi selalu ingat untuk tidak berlebihan, ya!

Sobat Yummy juga perlu mengonsumsi makanan bergizi lainnya seperti 4 sehat 5 sempurna. Hal ini karena saat haid, wanita sering letih dan Lelah, sehingga membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tetap bugar.

Baca Juga: 10 Minuman yang Dilarang saat Haid, Wajib Tahu

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Dinar Syarif

Dinar Syarif

Es Alpukat Susu Chia Seed

Es Alpukat Susu Chia Seed

(5.0)

5 langkah

155

Artikel Lainnya di nutrisi