10 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Yuk cari tahu apa saja manfaat daging kambing untuk tubuh!

10 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Hidangan daging kambing jarang sekali absen di hari-hari spesial seperti Idul Adha atau Idul Fitri. Selain dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat, ternyata daging kambing mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.

Selain sebagai sumber protein hewani berkualitas tinggi, daging kambing juga kaya akan zat besi, yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Tidak hanya itu, masih ada banyak manfaat daging kambing untuk kesehatan tubuh.

Penasaran dengan manfaat lain dari daging kambing? Berikut Yummy App rangkum 10 manfaat daging kambing untuk kesehatan tubuh yang wajib Sobat Yummy ketahui! Mari baca selengkapnya!

1. Menjaga kesehatan tulang

Selain sebagai sumber protein, daging kambing juga mengandung berbagai mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tulang seperti kalsium, fosfor, dan magnesium. Ketiga mineral berguna untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang, untuk mengurangi resiko osteoporosis.

2. Pembentukan dan pemeliharaan otot

Daging kambing merupakan pilihan terbaik untuk memperoleh protein berkualitas tinggi. Seperti yang dikutip dari Healthline, daging mengandung 9 asam amino esensial yang disebut protein lengkap dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi ini berperan penting dalam menjaga massa otot, meningkatkan stamina dan kekuatan otot, serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Baca Juga: 5 Makanan Sumber Protein Hewani untuk Nutrisi Optimal

3. Mencegah obesitas

Mengonsumsi daging kambing dapat membantu menahan lapar lebih lama, karena kandungan proteinnya yang tinggi. Hal ini penting untuk mengendalikan kalori dan menjaga berat badan ideal. Protein dalam daging kambing juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak kalori, untuk menurunkan berat badan dan mencegah obesitas.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Daging kambing juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Sebab, tubuh membutuhkan energi untuk mencerna protein yang diperoleh dari daging kambing. Mengutip dari MedicineNet, pada daging kambing juga terdapat vitamin B3 (niacin) yang membantu meningkatkan metabolisme energi.

5. Mencegah anemia

Anemia merupakan kondisi rendahnya sel darah merah atau hemoglobin dalam darah, yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Gejalanya dapat berupa kelelahan, lemas, sakit kepala, hingga sesak napas. Kandungan zat besi yang terdapat pada daging kambing berperan penting untuk memproduksi hemoglobin, sehingga sel darah merah dapat mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

6. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang lebih tinggi dibanding lemak jenuh pada daging kambing, dapat membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Seperti dikutip dari FatSecret, pada 100 gram daging kambing terdapat 1,03 gr lemak tak jenuh tunggal dan 0,71 lemak jenuh. Oleh karena itu, mengonsumsi daging kambing dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Baca Juga: Apa Itu Lemak? Pengertian, Fungsi, Jenis dan Bahayanya Lemak

7. Mengontrol tekanan darah

Manfaat daging kambing lainnya yaitu dapat mengontrol tekanan darah. Ini karena daging kambing memiliki kandungan kalium, yaitu mineral esensial yang berperan penting untuk mengatur detak jantung dan mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Namun, perlu diperhatikan agar mengonsumsi daging kambing secara wajar, untuk terhindar dari resiko penyakit lainnya.

8. Meningkatkan imun tubuh

Daging kambing kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, vitamin B, zat besi, dan zinc. Aneka vitamin dan mineral tersebut berperan penting untuk memproduksi dan memelihara sistem imunitas tubuh. Dengan begitu, mengonsumsi daging kambing dapat membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih kuat dan tidak rentan terserang penyakit.

Baca Juga: 10 Makanan yang Mengandung Zat Besi Penambah Darah, Mudah Didapat!

9. Menurunkan resiko stroke

Kadar kolesterol total dan LDL yang tinggi merupakan penyebab utama penyakit stroke. Seperti yang dikutip dari WebMD, kandungan lemak tak jenuh tunggal pada daging kambing dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Alhasil, dapat mengurangi resiko penyakit stroke sebab menumpuknya kolesterol jahat (LDL) di arteri.

10. Menjaga kesehatan sistem saraf

Daging kambing merupakan sumber vitamin B12 yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengutip dari jurnal dalam PubMed Central, vitamin ini berperan penting untuk menjaga maupun memulihkan kesehatan sistem saraf. Kurangnya vitamin B12 dalam tubuh dapat mengganggu kesehatan tubuh seperti kelelahan, anemia, serta masalah pada sistem saraf.

Itu lah beberapa manfaat daging kambing untuk kesehatan tubuh. Dari menjaga kesehatan otot, tulang, dan saraf, hingga melindungi tubuh dari resiko penyakit anemia, jantung, hingga stroke. Meski begitu, cukup konsumsi daging kambing dalam jumlah yang wajar dengan cara mengolah yang sehat. Jangan lupa iringi dengan makanan sehat lainnya serta olah raga teratur!

Penulis: Citra Irhamna

Baca Juga: 8 Resep Olahan Daging Kambing Enak, Cocok Juga untuk Menu Sehari-hari

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Ayu Putri Irianto

Ayu Putri Irianto

Soto Daging Seger Kuah Bening

Soto Daging Seger Kuah Bening

(5.0)

5 langkah

329

Artikel Lainnya di nutrisi