9 Makanan Penyubur Kandungan agar Cepat Hamil

Intip rahasianya di sini!

9 Makanan Penyubur Kandungan agar Cepat Hamil

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Menjalani program kehamilan merupakan dambaan bagi banyak pasangan. Selain berkonsultasi dengan dokter, pola makan yang sehat dan seimbang juga berperan penting dalam meningkatkan kesuburan dan peluang kehamilan.

Kabar baiknya, ada berbagai makanan lezat yang dapat membantu meningkatkan kesuburan kandungan. Mengutip Women & Infant Fertility Center, seperti sayuran hijau, buah-buahan, biji-bijian, telur, ikan, dan produk susu adalah beberapa di antaranya. Makanan-makanan ini mengandung nutrisi penting yang berperan dalam kesehatan reproduksi wanita dan pria. Dengan begitu, peluang kehamilan pun jadi meningkat.

Nah, berikut sembilan makanan penyubur kandungan yang kaya nutrisi, agar program kehamilan berjalan lancar. Simak penjelasannya, ya!

1. Telur

makanan penyubur kandungan
ilustrasi telur rebus (freepik.com)

Saat sedang menjalani program kehamilan, telur merupakan pilihan makanan yang paling mudah didapatkan juga diolah. Mengutip CNY Fertility, telur memiliki kandungan protein, folat, vitamin B12 dan vitamin E yang berperan penting dalam perkembangan sel telur dan sperma yang sehat.

Telur juga kaya akan asam amino esensial yang dibutuhkan untuk perkembangan janin. Jadi selain untuk program hamil, ibu hamil pun sangat dianjurkan mengonsumsi telur yang baik untuk janin.

2. Alpukat

makanan penyubur kandungan
ilustrasi alpulat (freepik.com)

Bukan cuma rasanya yang lezat. Buah hijau dengan tekstur lembut dan rasa yang unik ini kaya akan nutrisi yang penting untuk kesuburan kandungan. Tidak hanya pada perempuan, nutrisi pada alpukat juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sperma pada laki-laki.

Merujuk pada Harvard School of Public Health, alpukat merupakan sumber berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk kesuburan kandungan, seperti lemak tak jenuh tunggal, folat, serat, vitamin B, dan vitamin E.

3. Sayuran Hijau

makanan penyubur kandungan
ilustrasi sayuran hijau (pexels.com/Jacqueline Howell)

Ada banyak pilihan sayuran hijau yang bisa dikonsumsi untuk kesuburan kandungan, dari bayam, sawi, brokoli, kangkung, atau kale. Seperti yang dikutip dari Nature's Best, selain kaya serat sayuran hijau juga mengandung berbagai nutrisi prenatal yang penting untuk tubuh, seperti kalsium, zat besi dan folat.

Konsumsi sayuran hijau dalam keadaan segar yang diolah dengan sehat, seperti direbus, dikukus, atau ditumis. Hindari menggorengnya untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal. 

Baca Juga: 7 Sayuran yang Bagus untuk Ibu Hamil, Asupi Nutrisi Baik bagi Janin

4. Kacang Almond

makanan penyubur kandungan
ilustrasi almond (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kacang-kacangan mentah, seperti kacang almond, baik untuk kesuburan kandungan, karena kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan reproduksi.

Menurut IVA Australia, kandungan zinc dalam almond berperan penting dalam menjaga kesehatan sel telur dan sperma, sehingga meningkatkan peluang kesuburan. Almond juga membatu menyediakan penyimpanan zat besi untuk mendukung kesuburan serta mempersiapkan kebutuhan zat besi yang meningkat selama kehamilan.

5. Buah Beri

makanan penyubur kandungan
iluatrasi buah beri (flickr.com/mary shouvlin)

Buah beri seperti blueberry dan raspberry merupakan sumber serat dan vitamin yang baik untuk tubuh. Selain itu, buah beri menurut The Bump, juga kaya akan antioksidan alami dan fitonutrien anti-inflamasi yang bermanfaat bagi kesuburan pria dan waniti.

Antioksidan yang terdapat pada buah beri membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel telur dan sperma. Antioksidan pada buah beri juga berguna untuk mengurangi inflamasi yang berefek negatif pada kandungan serta kesuburan pria dan wanita.

6. Hati Sapi

makanan penyubur kandungan
ilustrasi daging hati sapi (freepik.com)

Hati sapi merupakan salah satu sumber nutrisi penting untuk menunjang kesuburan kandungan. Mengutip dari CNY Fertility, hati merupakan makanan kaya protein, vitamin A, vitamin B12, serta folat. Nutrisi-nutrisi ini dibutuhkan pada program kehamilan untuk mendukung kesuburan kandungan.

Hati juga menyediakan zat besi yang sangat dibutuhkan selama kehamilan. Karena, wanita hamil membutuhkan zat besi dua kali lipat dari biasanya, guna memproduksi darah untuk bayi dalam kandungan.

7. Salmon

makanan penyubur kandungan
ilustrasi salmon (pexels.com/Deane Bayas)

Baca Juga: ​15 Manfaat Ikan Salmon bagi Kesehatan Tubuh dan Kandungan Gizinya

Salmon merupakan pilihan tepat untuk meningkatkan kesuburan kandungan. Makanan ini kaya akan nutrisi yang berguna untuk kesuburan kandungan seperti yang dikutip dari Healthline. Diantaranya protein, selenium, vitamin B12, vitamin B, dan vitamin D yang penting uktuk kesehatan reproduksi dan kehamilan.

Omega 3 terbukti bermanfaat untuk kesuburan. Menurut CNY Fertility, omega 3 mendukung kualitas sel telur, fungsi hormon, dan kesehatan reproduksi wanita secara keseluruhan, juga kualitas sperma pada pria.

8. Ubi Jalar

makanan penyubur kandungan
ilustrasi ubi jalar (pexels.com/Jess Loiterton)

Ubi jalar merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik dikonsumsi selama menjalani program kehamilan. Mengutip dari Healthline, ubi jalar kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan fiber yang mendukung kesuburan kandungan.

Ubi jalar juga kaya akan beta karoten yang dapat diubah mejadi vitamin A. Pada program hamil, vitamin A membantu meningkatkan kualitas sel telur dan sel sperma.

Lebih lanjut, vitamin A juga bermanfaat untuk mendukung perkembangan embrio dan janin pada masa kehamilan. Pilih ubi jalar dengan warna oranye tua untuk mendapatkan manfaat maksimal.

9. Produk Susu

Produk Susu Makanan untuk Bulking
ilustrasi produk susu (flickr.com/Kavya Sharma)

Produk susu penuh lemak seperti susu murni, keju, atau yoghurt memiliki kandungan protein, serta vitamin dan mineral yang berguna untuk menunjang kesehatan kandungan. Seperti, vitamin A yang terdapat pada susu dapat membantu kualitas sel telur dan respon ovarium pada tubuh wanita.

Menurut Illume Fertility, mengonsumsi susu penuh lemak 1-2 gelas sehari dapat membantu ovulasi dan baik untuk kesuburan. Bahkan menurut penelitian, asupan susu rendah lemak yang tinggi justru beresiko meningkatkan infertilitas dan berlaku sebaliknya untuk susu tinggi lemak.

Beberapa nutrisi yang terdapat pada makanan sangat penting untuk menunjang kesuburan kandungan, seperti folat, vitamin B12, zat besi, hingga antioksidan. Dari 9 makanan penyubur kandungan di atas, bisa Sobat Yummy masukkan ke menu harian selama menjalani program kehamilan maupun saat mengandung.

Namun, tiap orang bisa saja memiliki kondisi dan pengaruh yang berbeda terhadap makanan yang dikonsumsi. Untuk amannya, konsultasikan keadaan Sobat Yummy dengan dokter maupun ahli gizi untuk dapatkan panduan makanan yang sesuai.

Jika kamu ingin menemukan resep, nutrisi, maupun rekomendasi kuliner lainnya. Kamu bisa download Yummy App! Karena akan ada banyak resep, dan wawasan kuliner yang harus kalian ketahui.

Penulis: Citra Irhamna

Baca Juga: 10 Resep Camilan Sehat untuk Ibu Hamil, Lezat dan Bernutrisi!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Angela

Angela

🥚Salted Egg Yolk Prawns 🍤

🥚Salted Egg Yolk Prawns 🍤

(5.0)

7 langkah

2.2 rb

Artikel Lainnya di nutrisi