10 Manfaat Jus Jeruk untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa manfaat jus jeruk bagi kesehatan.

10 Manfaat Jus Jeruk untuk Kesehatan Tubuh

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Apakah kamu tahu bahwa segelas jus jeruk segar bukan hanya menyegarkan, tetapi juga membawa beragam manfaat jus jeruk bagi kesehatan tubuh kita? 

Temukan beragam manfaat jus jeruk bagi kesehatan tubuh, mata hingga manfaat jus jeruk bagi pejuang diet dalam ulasan ini!

1. Mengurangi risiko kanker

Dilansir Healthline, konsumsi buah sitrus, seperti jeruk, juga dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit kanker.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah jeruk dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker paru-paru, perut, mulut, dan leher.

2. Menjaga tubuh terhidrasi

Minum jus jeruk murni dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat menjaga suhu tubuh, meningkatkan proses pencernaan, dan membantu dalam detoksifikasi tubuh.

3. Mendukung kesehatan jantung

Buah jeruk mengandung vitamin C, flavonoid, dan karotenoid yang dapat mendukung kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi jus jeruk, risiko gangguan kesehatan jantung dapat berkurang, termasuk pengaruhnya terhadap kadar kolesterol yang sehat.

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Ilustrasi jus jeruk (youtube.com/sharmispassion)
Ilustrasi jus jeruk (youtube.com/sharmispassion)

Mengkonsumsi jus jeruk murni dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu regenerasi sel-sel tubuh dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh secara keseluruhan.

5. Menurunkan tekanan darah

Dalam artikel Healthline mengatakan bahwa ada manfaat jus jeruk bagi yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Mengonsumsi jus jeruk dapat membantu mengontrol dan menurunkan tekanan darah. Kandungan vitamin C dan potasium dalam jeruk berperan dalam menyeimbangkan tekanan darah secara optimal.

Baca Juga: 15 Macam-Macam Jeruk di Dunia dan Cirinya

6. Merawat kesehatan kuit

Vitamin C dalam jeruk berfungsi sebagai antioksidan yang mendukung kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Kebutuhan cairan yang terpenuhi dalam tubuh juga membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering.

7. Mengurangi peradangan tubuh

Mengurangi peradangan dalam tubuh dapat tercapai dengan mengonsumsi jus jeruk karena buah jeruk memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi kadar penanda inflamasi yang terkait dengan penyakit kronis. 

Dengan demikian, mengonsumsi jus jeruk dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kronis yang disebabkan oleh peradangan dalam tubuh.

8. Mengoptimalkan perkembangan janin

Ilustrasi jus jeruk (youtube.com/dollytomar)
Ilustrasi jus jeruk (youtube.com/dollytomar)

Seperti apa yang sudah dijelaskan di Very Well Fit, mengonsumsi jus jeruk dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi ibu hamil dengan mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan. 

Selain memberikan nutrisi penting bagi ibu hamil, jeruk juga mengandung folat yang membantu dalam perkembangan janin dan pertumbuhan yang optimal.

9. Mencegah anemia

Mencegah anemia dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin C, seperti jus jeruk. Vitamin C membantu dalam penyerapan zat besi secara optimal. Zat besi adalah zat penting untuk produksi sel darah merah yang sehat. 

Dengan demikian, mengonsumsi jus jeruk dapat membantu mencegah terjadinya anemia karena mampu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

10. Membantu proses penurunan berat badan

Konsumsi jus jeruk mendukung penurunan berat badan karena dua alasan utama, yakni rendah kalori dan tinggi serat. Jus jeruk memiliki kalori yang relatif rendah dibandingkan minuman lainnya seperti minuman berkafein atau bersoda.

Dilansir Healthline, jus jeruk juga mengandung serat yang tinggi, sehingga membantu mengontrol nafsu makan dan membuat merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, manfaat jus jeruk tak hanya menyegarkan, tetapi juga dapat mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Baca Juga: 10 Manfaat Es Jeruk Bagi Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Setelah menyimak berbagai manfaat jus jeruk dan dengan melibatkan jus jeruk dalam pola makan sehari-hari, kamu dapat meningkatkan asupan nutrisi penting dan mendukung kesehatan secara keseluruhan. Jangan lupa install Yummy App agar dapat mengetahui berbagai informasi seputar kuliner lainnya!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Cheyl_via

Cheyl_via

Jus Jeruk Selasih

Jus Jeruk Selasih

(5.0)

5 langkah

1.4 rb

Artikel Lainnya di nutrisi