10 Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan Tubuh

Nutrisi dan manfaat melimpah, termasuk jaga kesehatan mata

10 Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan Tubuh

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Buah jeruk dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C ini memiliki beberapa jenis dan ukuran. Ada jeruk mandarin, jeruk pontianak, jeruk sunkist, jeruk bali, dan masih ada berbagai jenis jeruk lainnya. 

Seperti yang diketahui, buah jeruk mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun setiap buah jeruk juga ternyata punya manfaatnya masing-masing loh. Pada artikel kali ini, Yummy App akan fokus membahas terkait manfaat jeruk bali bagi tubuh. Simak dengan baik, ya!

1. Menjaga imunitas tubuh

pria dengan imunitas yang bagus
ilustrasi pria dengan imunitas yang bagus (pexels.com/oliversjostrom)

Manfaat jeruk bali yang pertama adalah menjaga imunitas tubuh. Sudah menjadi rahasia umum kalau vitamin C yang terkandung di dalam buah jeruk bali, memiliki manfaat dalam menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah terkena penyakit.

Vitamin C mempunyai sifat antioksidan yang dapat menjadi pelindung bagi sel-sel dalam tubuh. Sehingga tidak mudah diserang oleh virus berbahaya yang ada di lingkungan sekitar.

2. Mencegah kanker

sel kanker
ilustrasi sel kanker (unsplash.com/nantionalcancerinstitute)

Manfaat jeruk bali yang kedua ternyata adalah mampu membantu untuk mengurangi dan mencegah resiko terkena penyakit kanker. Buah jeruk bali mengandung fitokimia dan juga flavonoid yang bermanfaat sebagai antioksidan, sehingga dapat membantu untuk mengurangi resiko terkena penyakit kanker.

Kandungan flavonoid memang sudah dipercaya sejak dahulu, sebagai kandungan yang mampu melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker.

3. Membantu melancarkan pencernaan

pencernaan lancar
ilustrasi pencernaan lancar (freepik.com/wayhomestudio)

Tahukan kamu bahwa salah satu manfaat jeruk bali ternyata dapat membantu melancarkan pencernaan. Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan serat sekitar 25 gram per harinya.

Melansir Halodoc, jeruk bali merupakan buah yang mengandung cukup banyak serat. Pasalnya, di dalam 610 gram jeruk bali terdapat 6 gram serat. Serat yang masuk ke dalam tubuh manusia dapat membantu untuk melancarkan pencernaan dan juga mengurangi resiko terjadinya konstipasi.

Baca Juga: 12 Manfaat Buah Naga untuk Wajah dan Tubuh

4. Menjaga kesehatan kulit

kulit sehat
ilustrasi kulit sehat (pexels.com/ronlach)

Tak hanya bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh, vitamin C yang terkandung di dalam buah jeruk bali, mampu meningkatkan proses produksi kolagen dalam tubuh yang berguna untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit.

Kolagen sendiri bermanfaat untuk menghidrasi kulit. Karena itu dapat membantu untuk menjaga kulit agar tetap lembab.

5. Mengurangi resiko terkena anemia

perempuan pusing karena anemia
ilustrasi perempuan pusing karena anemia (freepik.com/jcomp)

Anemia bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kekurangan sel darah merah ataupun kurangnya kandungan zat besi di dalam tubuh. Manfaat jeruk bali juga berkaitan dengan penurunan resiko anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

Selain vitamin C, jeruk bali juga mengandung zat besi yang dapat membantu untuk menurunkan risiko dan mencegah terjadinya anemia.

6. Mengurangi resiko kolesterol

cek kolesterol
ilustrasi cek kolesterol (pexels.com/thirdman)

Konsumsi jeruk bali secukupnya setiap hari dapat membantu untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Pada penelitian yang ditulis dalam Jurnal Farmasi Indonesia, vitamin C dapat membantu dalam penurunan kadar kolesterol dalam tubuh. Sehingga mengkonsumsi jeruk bali dalam jumlah yang cukup dapat mencegah penumpukan kolesterol yang tinggi.

7. Kesehatan mata meningkat

mata sehat
ilustrasi mata sehat (pexels.com/minan)

Salah satu manfaat jeruk bali ternyata juga dapat meningkatkan kesehatan mata. Hal ini karena jeruk bali juga mengandung vitamin A, manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi jeruk bali adalah kesehatan mata yang meningkat.

Vitamin A sudah dikenal sejak dahulu sebagai vitamin yang berguna untuk menjaga kesehatan mata, dan mencegah penyakit mata seperti rabun.

Baca Juga: 8 Makanan yang Mengandung Protein Nabati untuk Tubuh yang Sehat!

8. Menjaga kesehatan jantung

manfaat ghee untuk memelihara kesehatan jantung
ilustrasi kesehatan jantung (unsplash.com/ali hajiluyi)

Manfaat jeruk bali yang selanjutnya yaitu mampu menjaga kesehatan jantung. Biasanya, penyakit jantung disebabkan oleh kolesterol yang menumpuk dan menghambat aliran darah.

Namun, mengkonsumsi jeruk bali dikatakan mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sehingga bisa bermanfaat untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

9. Mengurangi resiko osteoporosis

penyakit osteoporosis
ilustrasi penyakit osteoporosis (freepik.com/jcomp)

Jeruk bali memiliki banyak kandungan bermanfaat seperti halnya kalsium dan magnesium. Kedua kandungan yang termasuk mineral ini dapat membantu untuk menjaga tulang, supaya tetap sehat dan mencegah osteoporosis sejak dini.

10. Menjaga berat badan

menimbang berat badan
ilustrasi menimbang berat badan (pexels.com/ketutsubiyanto)

Manfaat jeruk bali yang terakhir akan dijelaskan oleh Yummy Appadalah mampu menjaga berat badan. Jeruk bali termasuk ke dalam buah yang rendah kalori dan memiliki banyak kandungan serat.

Karena jumlah kalorinya yang rendah, jeruk bali bisa membantu dalam proses menurunkan berat badan secara perlahan. Kandungan serat yang banyak, membuat kamu akan mudah kenyang ketika mengkonsumsi jeruk bali.

Hanya dengan satu hingga dua buah jeruk bali, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat bagi tubuh. Ukurannya yang cukup besar jika dibandingkan dengan buah jeruk yang lain, serta kandungan serat yang tinggi membuat perut cepat merasa kenyang.

Sekarang, karena sudah tahu manfaat jeruk bali. Jangan lupa untuk mengkonsumsi jeruk bali dalam porsi yang cukup, ya!

Baca Juga: 5 Cara Mudah Pilih Jeruk yang Manis biar Gak Salah Pilih

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Ratna Dewi Gautama

Ratna Dewi Gautama

Es Belimbing Jeruk Bali

Es Belimbing Jeruk Bali

(5.0)

5 langkah

870

Artikel Lainnya di nutrisi