10 Manfaat Jus Melon untuk Kesehatan Tubuh dan Mata

Simak ulasan konsumsi manfaat jus melon

10 Manfaat Jus Melon untuk Kesehatan Tubuh dan Mata

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Manfaat jus melon jarang diketahui oleh banyak orang, lho. Ternyata, selain rasanya yang enak dan menyegarkan, jus melon pun memiliki segudang manfaat untuk yang mengonsumsinya. Dalam takaran yang tepat, berikut ini adalah sejumlah manfaat jus melon!

1. Mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit

Dilansir Healthline, proses penuaan seringkali ditandai dengan munculnya kerutan. Namun, kerutan bisa muncul lebih cepat karena paparan sinar matahari dan radikal bebas.Β 

Salah satu cara untuk mengurangi kerutan dan mencegahnya adalah dengan mengonsumsi jus melon. Kandungan vitamin C dalam melon membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas.

2. Pencegahan diabetes tipe 2

Melon dapat menjadi bagian dari upaya pencegahan diabetes tipe 2. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi melon secara teratur dapat membantu mencegah diabetes.Β 

Hal ini karena kandungan air dan serat dalam melon efektif dalam menstabilkan kadar gula darah. Dengan begitu, jus melon dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

3. Menjaga kesehatan mata dan mencegah katarak

Selain mengandung vitamin C dan flavonoid, melon juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua jenis antioksidan yang penting untuk kesehatan mata.Β 

Kedua senyawa ini membantu melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan dapat membantu mencegah perkembangan katarak.

4. Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Ilustrasi jus melon (youtube.com/teatime)
Ilustrasi jus melon (youtube.com/teatime)

Jus melon tidak hanya menyegarkan, tetapi juga membantu mencegah dehidrasi. Kandungan air dan elektrolit dalam jus melon membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Ini menjadikannya pilihan minuman yang baik untuk menjaga hidrasi tubuh, baik saat sakit, setelah berolahraga, atau sebagai minuman sehari-hari.

5. Membantu pencernaan dan mencegah sembelit

Serat dalam jus melon membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan membuat tinja menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan, mencegah serta mengatasi sembelit.Β Jus melon juga cocok untuk orang yang memiliki gangguan pencernaan karena mengandung serat alami yang mudah dicerna oleh tubuh.

Baca Juga: Bingung Pilih Melon? Yuk, Ikuti 7 Tips Cara Memilih Melon yang Manis!

6. Membantu dalam mengatasi flu

Jus melon dapat membantu mengatasi flu karena kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Selain itu, jus melon juga mengandung banyak air, sehingga manfaat jus melon dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi selama sakit.

7. Mencegah kram otot

Kekurangan kalium dapat menyebabkan kram otot. Mengonsumsi jus melon membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan kalium. Kalium sendiri penting untuk fungsi otot yang sehat karena dapat mencegah kram otot, terutama setelah melakukan aktivitas fisik.

8. Menurunkan tekanan darah tinggi

Ilustrasi jus melon (youtube.com/vibhaskitchen)
Ilustrasi jus melon (youtube.com/vibhaskitchen)

Dikutip Healthline, kalium dalam jus melon membantu mengendalikan tekanan darah dengan merilekskan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, yang merupakan faktor penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi.Β 

Maka dari itu sangat direkomendasikan untukΒ  konsumsi jus melon karena manfaat jus melon yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Walau begitu, ada baiknya untuk konsumsi dengan bijak, ya.

9. Mendukung kesehatan jantung

Manfaat jus melon dapat mendukung kesehatan jantung karena melon mengandung banyak nutrisi penting, seperti vitamin C, potasium, dan antioksidan. Vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan penyakit jantung.Β 

Potasium membantu mengatur tekanan darah dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, yang penting untuk kesehatan jantung. Antioksidan dalam melon juga dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

10. Mencegah osteoporosis

Kandungan vitamin K, folat, dan magnesium merupakan bagian dari manfaat jus melon dalam membantu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis dengan menurunkan kadar asam amino homosistein di tubuh yang dapat merusak kepadatan tulang.

Baca Juga: 10 Resep Jus Buah Menyegarkan

Dengan berbagai manfaat jus melon yang sudah dipaparkan, jangan ragu untuk menikmati segarnya jus melon sebagai bagian dari gaya hidup sehat kamu untuk mendapatkan manfaat maksimal bagi kesehatan! Install Yummy App agar dapat mengeksplorasi berbagai kuliner sehat lainnya.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Ibund Ghaza

Ibund Ghaza

Jus Melon nanas

Jus Melon nanas

(5.0)

10 mnt

280

Artikel Lainnya di nutrisi