15 Ide Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan, Pasti Cuan!

​Tambah penghasilan untuk kasih THR lebaran, nih!

15 Ide Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan, Pasti Cuan!

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan. Selain umat muslim wajib menjalankan ibadah untuk mendapatkan pahala, di bulan Ramadan ini juga bisa kamu lakukan untuk mendapatkan rezeki yang banyak.

Di Indonesia, bulan Ramadan identik dengan usaha rumahan yang menjamur. Kamu juga bisa memanfaatkan momen ini untuk berjualan tanpa harus keluar rumah.

Selain hemat waktu, kamu juga bisa menambah cuan untuk uang saku ke sanak saudara. Kalau belum ada ide mau usaha apa, berikut Yummy App merangkum beberapa rekomendasi usaha rumahan di bulan Ramadan. Yuk, simak listnya di bawah ini.

1. Usaha takjil

bubur candil untuk takjil
ilustrasi takjil (flickr.com/trulyarahman)

Sudah pasti peruntungan pertama yang bisa kamu coba adalah menjual takjil. Di bulan puasa ini banyak sekali masyarakat yang mencari hidangan segar dan manis untuk berbuka. Kamu bisa menjual berbagai macam es atau makanan manis lainnya, seperti es buah, salad buah, bubur sumsum, es pisang hijau, minuman boba, dan lain-lain.

Meskipun jualan takjil bukan hal yang baru lagi, tapi usaha rumahan ini termasuk yang selalu laku setiap bulan puasa. Bukan cuma cuan, usahamu akan lebih berkah karena membantu orang-orang yang akan buka puasa.

2. Buka catering sahur dan buka puasa

catering rumahan
ilustrasi catering rumahan (flickr.com/freshii)

Ide usaha rumahan lainnya adalah membuka jasa catering untuk makan sahur dan berbuka. Bagi sebagian umat muslim yang super sibuk, menyiapkan makan untuk sahur dan berbuka bisa jadi pe-er. Selain itu, kamu juga bisa membuka katering khusus untuk acara buka puasa bersama yang memerlukan makanan dengan jumlah banyak.

Dengan adanya jasa catering ini, kamu bisa membantu mereka untuk menyiapkan santapan sahur dan berbuka yang lezat dan bergizi. Untuk menunya kamu bisa membuat list menu dengan budget tertentu atau sesuai request dari pelanggan.

3. Usaha kue kering lebaran

kue kering lebaran
ilustrasi kue lebaran (flickr.com/ikacake)

Bulan Ramadan erat kaitannya dengan persiapan untuk menyambut Idulfitri. Salah satu makanan yang wajib ada untuk disajikan di hari besar ini adalah kue kering. Kamu bisa juga lho, mencoba membuka usaha kue kering di rumah.

Tapi, agar berbeda dari yang lain, kamu bisa memberikan kreasi yang unik untuk rasa atau bentuk dari kue yang kamu buat. Cara ini dijamin akan membuat calon konsumen tertarik karena kue kamu berbeda dengan yang ada di pasaran.

4. Usaha parsel

parsel lebaran
ilustrasi parsel lebaran (youtube.com/kikidecoration)

Ada berbagai cara untuk mengucapkan hari raya, salah satunya adalah dengan memberikan parsel atau hampers ke orang  terkasih. Usaha jasa pembuatan parsel ini bisa kamu coba di bulan Ramadan.

Coba untuk mengkreasikan hiasan parcel agar lebih menarik. Berikan juga berbagai isian parcel yang sedikit berbeda, seperti kombinasi makanan dan perlengkapan ibadah yang bisa digunakan di hari raya nanti.

5. Jualan buah kurma

buah kurma
ilustrasi usaha kurma (flickr.com/mustafayahya)

Makan kurma saat berbuka adalah sunah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Nah, momen ini bisa kamu manfaatkan dengan menjual kurma di rumah atau menjualnya melalui marketplace. Agar kurma yang kamu jual menarik lebih banyak konsumen, pastikan untuk memperhatikan kualitas kurmanya, ya.

Pilih jenis kurma yang banyak disukai, seperti kurma ajwa, kurma medjool, kurma sukkari, atau kurma safawi. Pastikan kamu mendapatkan kurma dari supplier yang terpercaya, ya.

6. Usaha camilan kering untuk lebaran

keripik udang
ilustrasi keripik udang (flickr.com/basekan.com)

Selain kue kering, kamu juga bisa menjual camilan kering untuk lebaran nanti. Seperti yang kita tahu, saat lebaran nanti pasti banyak sekali keluarga atau kerabat yang datang bertamu. Pasti juga mereka memiliki selera makanan yang berbeda-beda.

Camilan seperti rengginang, pangsit goreng, keripik singkong, kacang bawang, dan sejenisnya sering kali diserbu bagi mereka yang tidak suka kue manis.

Coba untuk membuat berbagai macam camilan kering yang berbeda dari biasanya. Misalkan keripik singkong beraneka rasa, pangsit goreng dengan bumbu rujak, dan lainnya.

7. Jualan ketupat

ketupat
ilustrasi ketupat (flickr.com/chaz_265)

Bulan Ramadan juga identik dengan yang namanya ketupat. Selain biasa disajikan untuk lebaran nanti, ketupat juga sering disajikan untuk berbuka puasa.

Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk menjual ketupat yang sudah jadi. Selain itu, kamu juga bisa membuka sistem pre order ketupat untuk hari lebaran nanti atau menjual anyaman ketupat dari daun kelapa.

Baca Juga: Cara Membuat Ketupat Lebaran dari Daun Kelapa yang Mudah

8. Usaha makanan khas lebaran

makanan khas lebaran
ilustrasi makanan khas lebaran (youtube.com/sasasuratman)

Selain ketupat, kamu juga bisa membuka usaha makanan khas lebaran. Biasanya saat lebaran orang-orang akan menyajikan beberapa makanan khas, seperti sayur lodeh, opor ayam, rendang, sambal ati kentang, mustofa, dan lainnya. Untuk beberapa orang, membuat berbagai macam makanan dengan porsi besar di hari raya cukup merepotkan.

Biasanya mereka akan mencari memesan makanan khas lebaran ini ke orang lain. Jika kamu ahli memasak makanan khas lebaran, ini waktu yang tepat untuk kamu membuka usaha. Jangan lupa untuk membuat tester terlebih dahulu kepada pelanggan akan semakin terpercaya, ya.

9. Warung angkringan

usaha angkringan
ilustrasi usaha angkringan (flickr.com/anugrahwicaksono)

Bukber jadi acara rutin yang selalu dilakukan di bulan Ramadan. Selain untuk membatalkan puasa, bukber juga menjadi ajang silaturahmi kerabat dan saudara yang jarang bertemu. Pasti kamu tahu banget kalau saat buka puasa tiba, rumah makan akan cepat penuh di datangi pengunjung. 

Karena pengunjung warung makan yang membludak di bulan puasa ini, kamu bisa memanfaatkannya dengan membuka warung makan. Karena kamu ingin membuka warung makan di rumah, konsep angkringan bisa kamu terapkan, nih.

Selayaknya warung angkringan, kamu bisa menyediakan makanan seperti nasi teri, nasi tempe, telur puyuh, usus, kulit ayam, dan lainnya. Porsi yang kecil ala angkringan dan harga yang murah sangat pas untuk berbuka puasa.

10. Jualan gorengan

usaha gorengan
ilustrasi usaha gorengan (flickr.com/hadizafa)

Usaha rumahan yang paling mudah kamu lakukan adalah menjual gorengan. Gak ada yang bisa menyangkal kalau berbuka dengan gorengan adalah yang paling nikmat. Walaupun hanya menjual gorengan, makanan ini sudah pasti banyak peminatnya dan dijamin laris!

Kamu bisa berkreasi menambahkan berbagai macam gorengan yang sudah ada. Misalnya, tahu isi dengan sambal pedas, sosis yang dibalut dengan tepung, tempe jeletot, samosa ala rumahan dan lain-lain.

11. Usaha THR unik

11. Usaha THR unik
Ilustrasi THR unik (youtube.com/haibulan)

Lebaran identik dengan yang namanya THR. Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk menjual berbagai macam amplop atau kemasan THR, lho! Contohnya, kamu membuat THR dengan bingkisan kecil yang berisikan makanan ringan untuk anak kecil. Bisa juga, kamu menghias amplop THR dengan karakter tertentu yang unik.

12. Jualan martabak mini

martabak mini
ilustrasi martabak mini (flickr.com/hoodiequu)

Selain gorengan, makanan yang nggak luput dari perhatian saat bulan Ramadan adalah martabak. Membuka usaha martabak mini di rumah juga cukup menjanjikan lho, Sobat Yummy!

Kamu bisa menambahkan topping atau isian martabak manis atau asin dengan rasa yang unik. Contohnya seperti martabak manis tiramisu atau taro dan martabak asin isi teriyaki. Dijamin dagangan kamu akan cepat ludes!

13. Jualan perlengkapan ibadah

mukena salat
ilustrasi toko perlengkapan ibadah (youtube.com/daraintancoconut)

Bulan suci Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Banyak yang berbondong-bondong menjalankan ibadah untuk mendapatkan pahala dan rida dari Tuhan.

Umat muslim percaya, kalau menggunakan perlengkapan ibadah yang bersih dan bagus adalah sebagian dari caranya menghargai Sang Pencipta. Selain itu, banyak juga yang mendonasikan perlengkapan ibadan baru untuk masyarakat yang kurang mampu di bulan Ramadan.

Nah, kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk menjual berbagai perlengkapan ibadah, seperti Al-Qur’an, mukena, sajadah, dan lainnya.

14. Usaha makanan siap goreng

usaha frozen food
ilustrasi usaha frozen food (youtube.com/harsonofrozenfood)

Ibu-ibu di rumah suka menyediakan makanan yang praktis untuk santap sahur. Untuk itu, makanan siap goreng pasti jadi pilihan utama!

Kamu bisa coba untuk menjual berbagai macam masakan siap goreng seperti ayam ungkep, ikan ungkep, atau makanan frozen food lainnya. Selain dapat cuan, kamu juga membantu ibu-ibu di rumah menyediakan makan sahur lebih praktis.

15. Jasa penukaran uang

pecahan uang rupiah
ilustrasi pecahan uang rupiah (flickr.com/yowez.com)

Usaha rumahan terakhir yang bisa kamu coba adalah jasa penukaran uang. Saat bulan suci Ramadan sudah hampir selesai, banyak orang yang butuh menukarkan uang dengan nominal tertentu. Tentunya hal ini dilakukan untuk persiapan THR di hari raya Idul Fitri nanti.

Jasa penukaran uang sangat dicari di saat seperti ini, lho! Kamu bisa membuka jasa ini di rumah dan memperkenalkannya kepada tetangga.

Nah, itulah beberapa ide usaha rumahan di bulan Ramadan yang bisa kamu coba. Kira-kira usaha mana nih yang cocok dengan kemampuanmu? Semoga membantu ya, Sobat Yummy!

Baca Juga: 20 Ide Jualan Makanan Kekinian, Modal Kecil Untung Banyak!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

laily puspitasari

laily puspitasari

Gorengan Tempe Menjes Sambal Petis

Gorengan Tempe Menjes Sambal Petis

(5.0)

6 langkah

recooks-0
Lilis Dapoer Tara

Lilis Dapoer Tara

Rendang Daging

Rendang Daging

(5.0)

120 mnt

874

Artikel Lainnya di tips