​20 Makanan Khas Betawi yang Terkenal Enak, Wajib Dicoba

Makanan unik khas Betawi ini pasti bikin nagih!

​20 Makanan Khas Betawi yang Terkenal Enak, Wajib Dicoba

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Ciri khas masakan Betawi adalah rasanya yang gurih dan tidak terlalu pedas. Selain itu, rempah yang umum digunakan adalah lengkuas, jahe, daun salam, dan batang serai.

Bagi Sobat Yummy yang berasal dari luar daerah dan hendak berkunjung ke Jakarta, Yummy App sudah merangkum rekomendasi makanan khas Betawi yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Simak dan catat, ya!

1. Laksa Betawi

laksa betawi makanan khas betawi
ilustrasi laksa betawi (dok. Yummy App/Heny Rosita)

Dalam daftar makanan khas Betawi pertama dari Yummy App kali ini adalah laksa betawi Laksa betawi adalah hidangan mi yang diberi bumbu dan disiram kuah kekuningan. Aroma udang rebon dalam kuah laksa memberikan aroma segar dan khas udang.

Terbuat dari campuran santan dan kelapa sangrai membuat kuah Laksa Betawi kental yang khas. Hidangan ini juga disantap bersama ketupat.

2. Gabus Pucung

gabus pucung khas betawi
ilustrasi gabus pucung (dok. Yummy App/Nurwanida)

Gabus pucung adalah salah satu makanan khas Betawi yang merupakan olahan sayur dan menggunakan lauk ikan gabus goreng. Sedangkan, nama pucung diambil dari pemakaian pucung atau kluwek yang merupakan salah satu bumbu dan menjadi pewarna. Cara pembuatan hidangan ini tidak jauh berbeda dengan sayur ikan pada umumnya yang ditambah dengan pucung sebagai pewarna sayur.

3. Bubur Ase

bubur ase khas Betawi
ilustrasi bubur ase khas Betawi (youtube.com/Subakti Muttaqin)

Bubur ase adalah hidangan yang menyajikan bubur nasi dengan kuah ase juga asinan. Perbedaan makanan khas Betawi yang satu ini dengan bubur umumnya adalah penyajian kuah semur daging khas Betawi pada hidangan ini.

Tampilannya lebih gelap dan pekat. Selain daging, kamu juga akan menemukan potongan kentang, tahu, hingga telur.

4. Soto Tangkar

soto tangkar khas Betawi
ilustrasi soto tangkar khas Betawi (dok. Yummy App/Lila Wahyu Lestari)

Soto tangkar adalah makanan khas Betawi selanjutnya yang Yummy App rekomendasikan buat disantap saat kamu berkunjung ke Jakarta. Tangkar sendiri berarti iga sapi dalam bahasa Betawi yang digunakan pada masa penjajahan Belanda di Indonesia.

Perbedaan soto tangkar dengan soto betawi, yaitu jika soto tangkar menggunakan jintan dan kapulaga sebagai bagian dari jajaran bumbunya.

5. Soto Betawi

soto betawi
ilustrasi soto betawi (dok. Yummy App/Elsa Agustina)

Keunikan soto betawi yang membedakannya dengan soto lainnya di berbagai daerah yaitu kuahnya yang menggunakan campuran santan dan susu. Selain kuahnya, ciri khas dari makanan khas Betawi yang terkenal satu ini adalah tambahan mata sapi, terpedo, dan hati selain jeroan dan daging sapi sebagai lauk dari hidangan soto yang satu ini.

6. Semur Jengkol

semur jengkol khas Betawi
ilustrasi semur jengkol khas Betawi (dok. Yummy App/Elsa Agustina)

Semur jengkol adalah salah satu makanan khas Betawi yang paling populer. Semur atau smoor dalam bahasa Belanda atau teknik memasak braising.

Hidangan ini dinamakan demikian karena jengkol sebagai bahan utama dimasak dengan cara braising. Oleh karena itu, jengkol pada semur jengkol memiliki tekstur empuk yang mudah dikonsumsi.

7. Ketoprak

ketoprak khas betawi
ilustrasi ketoprak (dok. Yummy App/Ummu Alfard)

Ketoprak adalah hidangan sayuran dan telur rebus yang disiram dengan saus kacang. Sayur rebus yang digunakan antara lain tauge, mentimun, dan tahu. Sumber karbohidrat hidangan ini berasal dari bihun dan ketupat.

Selain saus kacang, hidangan juga diberikan sedikit kecap manis dan taburan bawang merah goreng bersama dengan beberapa keping kerupuk.

8. Nasi Ulam Betawi

nasi ulam khas betawi
ilustrasi nasi ulam (commons.wikimedia.org/Gunawan Kartapranata)

Makanan khas Betawi selanjutnya adalah nasi ulam betawi. Nasi ulan betawi merupakan hidangan nasi yang dicampur dengan berbagai rempah dan bumbu khususnya daun pegagan. Terkadang daun pegagan diganti dengan daun kemangi.

Selain itu, terdapat sayuran, berbagai bumbu dan berbagai macam lauk-pauk. Masakan ini berasal dari turunan hidangan Melayu di tanah Betawi.

9. Asinan Betawi

asinan betawi
ilustrasi asinan betawi (commons.wikimedia.org/Gunawan Kartapranata)

Asinan pada dasarnya adalah hidangan yang melalui proses pengacaran. Hanya saja, dibandingkan dengan menggunakan cuka sebagai pengawet, asinan menggunakan garam.

Bahan yang diasinkan umumnya adalah sayuran dan buah-buahan. Asinan disajikan bersama dengan kerupuk dan membuat tampilannya seperti rujak berisi sayuran yang telah diawetkan.

Baca Juga: Resep Gado-gado Betawi, Sarapan Sehat dan Murah

10. Kerak Telor

kerak telor, makanan khas Betawi
ilustrasi kerak telor, makanan khas Betawi (yummy.co.id)

Kerak telor pada dasarnya adalah makanan khas betawi yang mirip dengan omelet. Selain telur, bahan yang digunakan adalah beras ketan putih, ebi sangrai, bawang merah goreng yang diberi bumbu halus.

Bumbu halus tersebut terbuat dari cabai merah, jahe, kencur, kelapa sangrai, merica, gula pasir, dan garam. Hidangan ini mudah ditemukan di sekitar Kota Tua, Jakarta Barat.

11. Kue Rangin

kue rangin khas Bekasi
ilustrasi kue rangin khas Bekasi (yummy.co.id)

Kue rangin adalah makanan khas Betawi yang terbuat dari tepung beras dan juga kelapa parut. Pembuatannya mudah, adonannya hanya terdiri dari tepung beras yang telah dicampur air dan kelapa parut. Setelah itu, adonan dipanggang menggunakan cetakan yang diletakkan di atas api kecil. Kue rangin disajikan dengan sedikit siraman gula merah cair.

12. Gado-gado

gado-gado
ilustrasi gado-gado (yummy.co.id)

Gado-gado adalah makanan khas betawi yang ramah vegetarian. Hal ini dikarenakan, hidangan ini terdiri dari aneka sayuran yang disiram dengan kuah kacang.

Sayuran yang digunakan pada masakan ini beragam mulai dari kubis, kangkung, timun, tauge, dan lain-lain. Beberapa orang juga menambahkan telur rebus dan emping sebagai lauk.

13. Roti Buaya

roti buaya betawi
ilustrasi roti buaya (dok. Yummy App/Wid's Kitchen)

Roti buaya adalah salah satu cerminan budaya Betawi. Roti ini biasa dihidangkan di pernikahan atau acara tradisional Betawi lainnya.

Roti ini merupakan simbol kesetiaan dalam perkawinan. Oleh karena itu, roti buaya menjadi makanan khas Betawi yang wajib dihidangkan pada pernikahan adat Betawi. Setelah mengalami modifikasi, kini roti buaya hadir dalam berbagai rasa.

14. Dodol Betawi

dodol betawi
ilustrasi dodol betawi (commons.wikimedia.org/Ezagren)

Selain roti buaya, dodol betawi juga termasuk makanan khas Betawi yang paling terkenal dalam adat betawi. Kudapan yang satu ini biasa dihadirkan pada perayaan perayaan adat Betawi, Idul Fitri, dan Idul Adha.

Teknik pembuatan dodol betawi tidak jauh berbeda dengan teknik pembuatan dodol asal daerah lain. Yang membedakan adalah bahan dasarnya yaitu ketan putih, ketan hitam, dan durian sebagai rasa.

15. Roti gambang

roti gambang
ilustrasi roti gambang (dok. Yummy App/Aura Shareen)

Roti gambang terbilang sudah mulai sulit ditemukan di pasaran. Tapi, kamu masih bisa menemukannya di beberapa penjaja jajanan pasar di Jakarta.

Makanan khas Betawi yang bernama roti gambang sekilas mirip dengan kue bolu, namun gula yang digunakan adalah gula merah. Penggunakan gula merah ini yang membuat warna tampilan roti gambang berwarna coklat.

16. Kue Cente Manis

kue cente manis
ilustrasi kue cente manis (dok. Yummy App/Mety Dwi)

Kue cente manis merupakan kudapan makanan khas Betawi yang cukup populer. Pembuatannya dan bahan dasarnya pun mudah ditemukan.

Bahannya antara lain tepung hunkwe, santan, gula, dan sagu mutiara matang. Cara membuatnya yaitu dengan menyatukan setiap bahan lalu dibungkus plastik. Kudapan ini biasa hadir di acara tradisional adat Betawi.

17. Kue Pancong

kue pancong
ilustrasi kue pancong (dok. Yummy App/Rayna Kitchen)

Makanan khas Betawi ini cukup mudah ditemukan di pasaran. Tidak jauh berbeda dengan bahan dasar kue rangi yang juga menggunakan tepung beras sebagai bahan dasar. Perbedaan antara kedua makanan khas Betawi ini terletak pada penyajiannya, di mana kue pancong tidak disiram dengan gula merah cair melainkan taburan gula pasir.

18. Kembang Goyang

kembang goyang
ilustrasi gembang goyang (yummy.co.id)

Namanya yang unik membuat makanan khas Betawi ini menjadi salah satu oleh-oleh yang diminati para wisatawan. Dinamakan demikian karena bentuknya yang seperti kembang atau bunga.

Jajanan satu ini mengusung teknik memasak yang unik yaitu dengan menggoyangkan cetakan di minyak panas agar adonan lepas dari cetakan. Rasanya sedikit manis, gurih, dan renyah.

19. Sayur Babanci

sayur babanci
ilustrasi sayur babanci (senibudayabetawi.com)

Sayur ini juga salah satu makanan khas Betawi yang ikonik, namun mulai jarang ditemukan. Hal ini dikarenakan, bahan sayur yang digunakan juga mulai sulit untuk ditemukan.

Disebut sebagai sayur babanci karena ketika dimasukkan, setiap sayuran bercampur baur. Sayur babanci biasa dihidangkan bersama lontong. Cocok sebagai menu makan siang.

20. Tauge Goreng

tauge goreng
ilustrasi tauge goreng (dok. Yummy App/Diana Nurjanah)

Makanan khas betawi terakhir yang Yummy App rekomendasikan adalah taoge goreng. Kuliner ini terdiri dari tauge, mie kuning, dan daun kucai.

Semua bahan dimasak dengan ditumis hingga layu. Setelah matang dan tiriskan, disiram dengan tauco dan oncom. Cita rasa khasnya adalah perpaduan gurih, asam, dan manis khas betawi.

Apabila Sobat Yummy sedang berkunjung di Jakarta, jangan lupa untuk berburu 20 makanan khas Betawi di atas, ya. Kunjungan kamu di Jakarta akan terasa lebih menyenangkan dan mencicipi masakan-masakan khas yang sebagian mulai langka ditemukan. Rasakan cita rasa khas Betawi di Jakarta modern melalui masakan khasnya.

Baca Juga: ​Cara Goreng Tahu Bulat Anti Gagal, Lengkap dengan Tipsnya

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Evie Indriana

Evie Indriana

Bir Pletok Khas Betawi

Bir Pletok Khas Betawi

(5.0)

6 langkah

428

Annisaa T.K

Annisaa T.K

Pecak Mujair Khas Betawi

Pecak Mujair Khas Betawi

(5.0)

5 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di kuliner